Info Bahan


Sebagai pusat pembuatan konveksi, kami menyediakan banyak variasi kain yang bisa kami olah menjadi produk konveksi berkualitas. Ada banyak kain yang tersedia di pasaran, namun akan kami uraikan bahan-bahan yang sangat banyak diminati oleh customer kami.

1. Kaos

1.1 Katun (combed 20s, 24s, 30s)
Bahan katun combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Kain Combed memiliki serat benang yang lebih halus dan rata sehingga penampilannya akan menjadi lebih halus , rata dan rapih. Ada beberapa jenis kain combed yang ada di pasaran. Hal ini dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasinya (gr/m2). Kami menyediakan 3 varian combed, Ada combed 20s, 24s, 30s. hal yang membedakan adalah ketebalan kain combed. Kain 20s memiliki ketebalan yang paling tebal, sedangkan combed 30s memiliki ketebalan yang paling tipis. Kain Combed 20s merupakan kain yang paling banyak dipakai dan menjadi favorit kaos distro karena selain kenyamanan ketika digunakan, harganya juga tidak mahal.
combed bahan kaos

1.2 Cardet (20s, 30s)
Dibandingkan dengan kain combed , kain cotton cardet memiliki serat benang yang kurang halus. Kain cardet merupakan kain KW1 nya kain combed sehingga Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. karena harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, misalnya untuk kaos pabrik, seragam buruh, dan juga kaos oblong olahraga.
bahan cardet untuk T-shirt

1.3 Polyester dan PE
Polyester sesuai namanya, merupakan bahan serat sintetis  yang terbuat dari bahan ester (dalam hal ini hasil sampingan minyak buni dan dibuat bahan berupa serat fiberpoly). Dibandingkan katun, kain jenis ini lebih tipis, agak kasar, dan tidak bisa menyerap keringat sehingga sangat panas ketika dipakai.
PE /polyster untuk kaos harga miring

1.4 TC (TETERON COTTON)
seiring dengan kemajuan teknologi, terpengaruh juga teknologi pengolahan bahan kain. Banyak bahan kain hasil dari penggabungan katun dan Polyester, salah satunya adalah TC. Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini seperti PE, terasas panas ketika memakainya karena kurang bisa menyerap keringat. Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai.
bahan TC

1.5 Viscose
Viscose biasa juga disebut rayon. Sebuah bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya memiliki kesamaan dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan  pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibanding kapas. Namun kain ini terkesan mewah, sehingga harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

1.6 CVC ( COTTON VISCOSE)
Jenis bahankaos  ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Kelebihan dari bahan ini adalah tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton. Jenis bahan ini juga bersifat menyerap keringat.

1.7 Hyget
Jenis bahan ini terbuat dari plastic dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos. Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi dana yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai

1.8 Bahan Kaos Futsal Serena 
Merupakan bahan yang banyak di pakai untuk kaos futsal, bahkan di liga indonesia hampir semua memakai bahan seperti ini, perbedaannya adalah jika untuk kelas premium bahan yang di gunakan adalah bahan impor, sementara yang saya gunakan adalah bahan lokal, perbedaanya hanya pada kelembutan bahan.
Karakteristik :
Bahan tipis ringan tapi kuat.
Cepet kering, baik untuk kesehatan kulit.
Sangat bagus untuk di sablon.
Harga cukup terjangkau

1.9 Bahan Paragon.
Mempunyai tekstur yang halus dan tampak mengkilat walaupun sedikit berat. Paling sering digunakan untuk kostum basket, tapi tak jarang bahan ini digunakan untuk kostum bola. Harga cukup mahal


2. Kemeja

2.1 Kain Drill
Spesifikasi bahan adalah sebagai berikut: permukaan kain berserat garis miring / ngdrill. Berdasarkan ukuran dari serat umumnya dibagi menjadi tiga jenis: Twill bor (serat kecil),american drill ( serat sedang ), japan drill ( serat besar ), Hisofy (serat halus). Kualitas/harga kain drill menyesuaikan dengan bahan dasarnya, semakin banyak kadar cottonnya maka harganya semakin mahal. Biasanya jenis Hisofy Drill mempunyai komposisi bahan cotton lebih banyak dan lebih sedikit polyester, sehingga lebih comfort di pakai. Namun harganya tentu lebih mahal.  

2.2 Kain Oxford/Osworth/Tropical
Spesifikasi bahan ini sebagai berikut : Teksturnya rata tidak seperti drill. Jalinan benang-benang pintalan kain semacam jalinan titik-titik seperti pixel dalam resolusi gambar. Secara umum lebih tipis dari kain drill. Merk nya bermacam-macam misalnya Sari Warna, Japan Tropical. Semakin banyak komposisi bahan cottonnya seperti pada Japan Tropical, maka semakin comfort dipakai. Namun harganya juga pasti semakin mahal. Lebar kain ini ada yang 115 cm, ada juga yang 140-150 cm



3. Jaket/Blazer

3.1 Kanvas
kanvas adalah bahan jaket yang digunakan untuk membuat jaket-jaket kasual dan setengah resmi. Kebanyakan jaket-jaket distro menggunakan bahan ini. Kanvas pun bermacam-macam jenisnya, dari serat dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya sedikit berbulu dan benang atau material ringan mudah menempel pada bahan kanvas.

Bahan Canvas dibagi lagi menjadi beberapa bagian
- Canvas Marsoto
Canvas Marsoto adalah canvas yang paling tebal dan permukaannya terasa agak kasar
- Canvas Ring
Kain Canvas ring tidak setebal Canvas Marsoto. Karakteristik permukaan Canvas Ring terasa agak kasar dan terdapat serat ring 1 jalur.
- Canvas Sueding
Kain Canvas Sueding terasa lebih lembut dibandingkan dengan jenis canvas lainnya sehingga jika dipegang akan terasa lebih tipis meskipun memiliki ketebalan yang sama dengan canvas ring.
- Baby Canvas
Ketebalan kain Baby Canvas lebih tipis dibandingkan dengan canvas lainnya.
Produk-produk dari bahan Canvas: Jaket, Celana, Rompi, Tas, Topi. (Khusus untuk jaket adventure biasanya memakai canvas marsoto atau canvas ring)

3.2 Drill
bahan drill biasa digunakan sebagai bahan jaket-jaket yang menyerap keringat, sifat-nya halus dan dingin kalau dipakai, cocok untuk  jaket komunitas. Ada bermacam jenis drill yang beredar di pasaran, diantaranya american drill  dan japan drill.

3.3 Parasit
bahan parasit itu adalah bahan yang kedap air, namun tipis. Kurang pas digunakan biker di malam hari.

3.4 Taslan
bahan ini paling terkenal paling eksklusif,karena bahan ini ada sub nya yang anti air, sebenarnya bahan taslan ini banyak macamnya seperti taslan salur, taslan korea, taslan Lokal, atau taslan taslan yang lain. Taslan juga ada jenisnya yang anti air, untuk anda yang menginginkan eksklusifitas saya sarankan anda menggunakan jenis bahan jaket taslan.

3.5 Terry
Bahan katun yang sangat nyaman untuk jaket, tebal namun tidak panas. Cocok bagi mereka yang berada di iklim tropis.

3.6 Fleece
Sama seperti terry, namun berbulu pada bagian dalamnya, sehingga menjadi lebih tebal dibanding terry dan lebih hangat. Cocok bagi mereka yang berada di wilayah cukup dingin.

3.7 Diadora
Bahan ini disebut diadora karena bahan ini meniru dari merek terkenal Diadora (perusahaan Sport International) http://www.diadora.com/ , sehingga disebut oleh orang indonesia bahan diadora. Bahan Diadora ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

3.8 Adidas
Bahan ini juga sama seperti bahan diadora, disebut adidas karena bahan ini meniru dari merek terkenal Adidas (perusahaan Sport International) http://www.adidas.com , sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Adidas. Bahan Lotto ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

3.9 Lotto
Bahan ini juga sama seperti bahan diadora dan adidas, disebut lotto karena bahan ini meniru dari merek terkenal Lotto (perusahaan Sport International) http://www.lottosport.com/ , sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Lotto. Bahan Lotto ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty. tiga jenis kain diatas adalah bahan yang sering digunakan untuk bahan jaket sporty. Lotto dan Diadora adalah bahan jaket yang agak mengkilat dan diadora agak lebih tebal, sementara Adidas lebih tidak mengkilat.

3.10 Twill
Bahan twill ini banyak jenisnya, bahkan biasanya agak susah dibedakan dengan bahan drill. Bahan twill yang biasa dipakai untuk jaket adalah twill super (begitu orang konveksi menyebutnya), secara sekilas serat (alur) dan keteballnya mirip dengan bahan jeans.

3.11 Micro
Begitulan orang konveksi menyebut untuk bahan yang satu ini. Bahan ini alurnya (serat) sangat kecil, dipegang cenderung licin. Biasanya digunakan untuk bahan jaket resmi dan celana resmi. Sifat bahanya jatuh, sehingga tidak mudah kusut.

2 comments:

  1. thanks nih ifonya, jadi tau milih bahan buat jaket motor

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain jaket berkualitas dengan harga murah?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete

Buat yang belum punya blog dapat berkomentar dengan komentar "anonymous"